Jumat, 19 Februari 2010

Bon, bons et bonne, bonnes



Kita sudah mengetahui beberapa cara pengucapan kata selamat seperti

Bon Voyage! : Selamat menempuh perjalanan!
Bonne Année! : Selamat Tahun Baru!
Bonnes Vacances! : Selamat Berlibur!


Kalau kita perhatikan ketiga kalimat di atas, terdapat perbedaan dalam penulisannya. Hal ini terjadi karena di dalam Bahasa Perancis, kata benda/substantif (kata yang merepresentasikan benda/obyek, orang, ide dan sejenisnya) mempunyai jenis kelamin/gender, bisa laki-laki atau perempuan. Un Voyage (Perjalanan) termasuk berjenis kelamin laki-laki, Une Année (Tahun) berjenis kelamin perempuan, sedangkan des Vacances (liburan) berjenis kelamin perempuan, tetapi bisa kategori jamak.

Jenis kelamin dari kata benda ini tidak bisa diketahui dengan pola logika, meskipun ada beberapa buku yang berusaha untuk membuat polanya, tetapi bukan pola yang pakem. Jadi yang paling baik adalah kita memang benar-benar mengetahui jenis kelamin dari setiap benda. Tetapi jangan khawatir, kita akan mengetahuinya secara otomatis, apabila kita sering menggunakannya.

Bon, bonne dan bons, bonnes adalah empat bentuk dari kata sifat (kata yang menerangkan sifat dari suatu kata benda) yang sama artinya (arti dasarnya adalah baik atau bagus, tetati kalau untuk ucapan menjadi selamat) yang mempunya jenis kelamin yang sama dengan kata benda yang diterangkannya. Jadi bisa menjadi laki-laki atau perempuan yang termasuk tunggal atau jamak.

Dalam bahasa perancis, kata sifat dieja secara berbeda tergantung dari jenis kelaminnya. Pada umumnya (tapi tidak selalu) -e untuk akhiran kata sifat perempuaan dan -s untuk jamak.

contoh:
1. Laki-laki Tunggal/Jamak
Bon véhicule* / bons véhicules
: Kendaraan yang bagus/ Kendaraan-kendaraan yang bagus
Bon train*
: Kereta yang bagus (untuk jamaknya sama)
Bon raisin*/ bons raisins
: Buah anggur yang bagus/buah-buah anggur yang bagus

2. Perempuan Tunggal/Jamak
Bonne maison*/ bonnes maisons : Rumah yang bagus/ Rumah-rumah yang bagus
Bonne ville*/ bonnes villes
: Kota yang bagus/ Kota-kota yang bagus
Bonne voiture* / bonnes voitures
: Mobil yang bagus/ Mobil-mobil yang bagus


* tekan (klik) link untuk mengetahui cara membacanya
Sumber: Teach yourself French

Tidak ada komentar:

Posting Komentar